Sabtu, 16 Juli 2011

Panduan Tugas Kepala Sekolah

Kedepan kepala sekolah harus melaksanakan tugas sesuai panduan yang telah diatur dalam peraturan pemerintah, baik dalam UU pendidkan No. 20 Tahun 2003, PP  No. 19 Tahun 2005 maupun permen-permen dari menteri, khususnya Kementerian Pendidikan Nasional. Yang saat ini ada kebanyakan Kepala Sekolah bekerja untuk mengelola sekolah masih secara konfensional. Berkas-berkas administrasi kepala sekolah lama yng dijadikan acuan atau di print out kembali. Belum saya jumpai ada sekolah yang benar-benar sudah menerapkan kepemimpinan sekolah dengan penglolaan sekolah sesuai dengan paradigma baru. Contoh yang sederhana saja tentang penyusunan program / rencana baik RKJP, RKJM, RKT, maupun RKAS masih model konfensional. Mestinya sebelum rencana kegiatan jangka panjang, menengah, tahunan, maupun anggaran Sekolah dibuat , terlebih dahulu menyusun/ membuat Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Dari hasil EDS perlu ada rekomendasi, agregasi (kelemahan ,kekuatan), prioritas program baru disusun RKJP, RKJM, RKT, maupun RKAS. Program-program yang dibuat pun meliputi 8 standar yang ada, ditambah penjminan mutu sebagai pengendali keberhasilan yang dapat dicapai. Karena itu sebagai bahan acuan atau panduan bersama ini saya tampilkan berbagai Panduan yang dapat digunakan Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas.Pada kesempatan ini saya tampilkan pedoman penyusunan RKJM dapat juga untuk menyusun (RKJP, RKT,RKAS), Buku-buku pedoman penglolaan sekolah dan Intrumen EDS, Agregasi MSPD,Rekomendasi EDS dan lain-lain.  Semoga bermnfaat. Amien.

Dari : Drs. H. Kasrip, MM. Pengawas SMP/SMA/SMK Kabupaten Lamongan.

1.  Panduan Penyusunan RKJM (RKJP,RKT,RKAS)
2.  Pengorganisasian Sekolah
3.  Perencanaan Partisipatori Pengembangan Pendidikan Berbasis Sekolah
4.  Manajemen Kesiswaan ( Peserta Didik)
5.  Manajemen Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Sekolah
6.  Manajemen Sarana Prasaran dalam Pengembangan Sekolah
7.  Manajemen Keuangan Sekolah
8.  Kepemimpinan Pendidikan Persekolahan yang Efektif
9.  Draf - RKJM SMA
10. Blanko Instrumen EDS/M
11. Blangko Agregasi MSPD
12. Forman Penentuan -Skala- Prioritas-RKS
13. Format Rekomendasi EDS untuk RKS
14. Contoh Pengisian Intrumen EDS/M - Standar Isi






Bila sudah Download dipelajari  dan diterapkan di sekolah masing-masing. OKE.

2 komentar:

  1. Ayo kita manfaatkan, agar sekolah kita di Kabupaten Lamongan menjadi lebih baik dan tidak kalah dengan kabupaten/kota lain.
    Trims.

    BalasHapus
  2. Bapak/ Ibu Guru, Kepala Sekolah tolong diisikan komentar Anda untuk dapat mengisi/melengkapi Panduan Tugas Kepala Sekolah, misalnya apa yang dibutuhkan dalam mengelola sekolah yang lebih baik. Terima kasih, Salam.

    BalasHapus